Iqbaal Ramadhan: Besok-besok, Kalau Gue Baca Buku, Harus Hati-hati

Kompas.com - 28/05/2018, 14:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Berbumbu canda, artis peran dan penyanyi Iqbaal Ramadhan (18) mengatakan bahwa ia kini harus berhati-hati memilih buku untuk ia baca.

Hal itu berdasar pada apa yang ia alami.

"Jadi, besok-besok, kalau gue baca buku, harus hati-hati," kata Iqbaal dalam wawancara di Studio Alam, Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis lalu (24/5/2018).

"Karena, kemarin, pas baca buku Dilan (karya Pidi Baiq), gue main (film Dilan 1990). Terus, baca buku Bumi Manusia (karya Pramoedya Ananta Toer) ternyata gue main (filmnya) juga," lanjutnya.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Merasa Punya Kedekatan Karakter dengan Minke Bumi Manusia

Iqbaal Ramadhan bercerita bahwa perkenalan pertamanya dengan novel Bumi Manusia adalah ketika ia bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, Amerika Serikat, pada 2016.

Sebagai informasi, UWC setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Para pelajarnya berasal dari berbagai negara.

Ketika itu, Iqbaal, yang mengambil jurusan Bahasa Indonesia, ditugasi membaca dua karya sastra Indonesia. Salah satunya, Bumi Manusia.

"Entah gimana, saya memilih buku Bumi Manusia untuk ujian akhir. Saya tidak tahu banyak soal Pramoedya dan Bumi Manusia. Tapi, entah gimana, saya memilih buku itu," ceritanya.

Baca juga: Bintangi Film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Belajar Bahasa Belanda

Akhirnya, Iqbaal Ramadhan mendapat tawaran memerankan karakter Minke, tokoh utama dalam novel tersebut. Ia merasa mendapat sebuah tugas besar.

"Tawaran udah lama, ketemu sama Mas Hanung Bramantyo (sutradara) saat saya produksi Dilan. Saya ditawarin menjadi Minke, itu tanggung jawab besar memainkan peran kuat dan menantang. Semoga film ini jadi pioner dan se-epic buku sastranya," ujarnya.

Baca juga: Bumi Manusia Bayar Tuntas Penantian Panjang Sha Ine Febriyanti

Bukan soal dua film adaptasi dari novel saja, mantan personel boyband CJR ini juga merasa bahwa latar era film-filmnya semakin lama semakin ke masa lampau.

"Sebenarnya baru gue sadar kalau film gue semuanya jadul. Jadi, kemarin tahun 1990 (Dilan 1990), sekarang 1908 (Bumi Manusia), sebentar lagi (film) zaman dinosaurus, ha ha ha," ucapnya berbumbu canda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.