Steve Ditko, Co-creator Spider-Man dan Doctor Strange, Meninggal Dunia

Kompas.com - 08/07/2018, 06:03 WIB
Editor Ati Kamil

NEW YORK, KOMPAS.com -- Steve Ditko, seniman yang turut mencipta (sebagai co-creator) karakter-karakter komik Spider-Man dan Doctor Strange, meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Pihak kepolisian New York, AS, mengatakan bahwa Ditko ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Manhattan pada 29 Juni 2018 dan dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis yang datang ke tempat itu.

Nama lelaki yang lahir pada 2 November 1927 di Johnstown, Pennsylvania, AS, tersebut mulai kondang berkat karya-karyanya di Marvel Comics pada awal 1960-an.

Baca juga: Nicolas Cage Jadi Pengisi Suara Spider-Man: Into the Spider-Verse

Ketika itu dia bekerja sama dengan Stan Lee--yang belakangan menjadi pemimpin perusahaan--dalam mencipta karakter-karakter komik, antara lain Spider-Man dan Doctor Strange.

Lee memang sosok yang memunculkan ide untuk membuat jagoan remaja berkekuatan laba-laba itu, menurut koresponden BBC di Amerika Utara, Chris Buckler.

Namun, Ditko-lah yang mewujudkan Spider-Man di atas kertas, lengkap dengan kostum merah-biru dan tembakan jaring laba-laba dari pergelangan tangannya.

Baca juga: Jared Leto Terpilih Bintangi Morbius, Spin-off Film Spider-man

Steve Ditko keluar dari Marvel Comics pada 1966 setelah, diberitakan, berseteru dengan Stan Lee.

Dari Marvel Comics, dia pindah ke DC Comics dan mencipta karakter pahlawan The Creeper.

Baca juga: Carrie Fisher dan Stan Lee Dinobatkan sebagai Legenda Disney

Sepanjang hidupnya, Steve Ditko menghindari sorotan publik. Bahkan, dia menolak tampil dalam film BBC berjudul In Search of Steve Ditko, yang dirilis pada 2007.

Pembawa acara televisi sekaligus pengamat film dan artis peran dari Inggris Jonathan Ross, yang bertemu dengan Ditko ketika menggarap film dokumenter itu, menggambarkan Ditko sebagai "seniman komik dan pencipta terhebat yang pernah hidup".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.