Iko Uwais Bekali Anak dengan Ilmu Bela Diri untuk Cegah Candu Gawai

Kompas.com - 13/07/2018, 11:44 WIB
Iko Uwais dan Audy Item dalam peluncuran sekolah bela dirinya, Thunder11, di Hotel Horison Ultima, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/7/2018). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGIko Uwais dan Audy Item dalam peluncuran sekolah bela dirinya, Thunder11, di Hotel Horison Ultima, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/7/2018).

BEKASI, KOMPAS.com - Pengaruh teknologi terhadap anak menjadi salah satu yang dikhawatirkan pasangan Iko Uwais dan Audy Item. Karena itu, ketimbang memberi gawai, Iko-Audy memilih membekali putri mereka, Atreya Syahla, dengan ilmu bela diri.

"Itu (bela diri) kan mengolah tubuh juga, anak jadi lebih aktif gitu kan. Jangan cuma main game aja kayak anak-anak sekarang. Anak sekarang kan gadget (rata-rata)," ucap Audy di Hotel Horison Ultima, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/7/2018).

Iko menimpali bahwa dengan ilmu bela diri, anaknya juga bisa belajar berinteraksi, menghormati orang lain, serta disiplin dan jadi paham tata krama.

"Orang kalau belajar apa pun bentuknya bela diri, dia pasti akan lebih bijaksana, sopan, tahu diri, lebih punya manner. Karena semua bela diri enggak ada yang ngajarin gebukin orang. Dan itu yang kami tanemin ke anak," ujar Iko.

"Saling menghargai sesama. Sama orang lebih tua dia cium tangan, sama seumur dia menyapa, sama yag lebih muda dia menghargai," katanya lagi.

Bagian yang tak kalah penting dari itu, kata Iko, adalah jika bisa ilmu bela diri anak-anak mereka dapat menjaga diri sendiri kelak.

"Paling enggak dia punya basic, bisa ngebela diri dia. Saya kan enggak mungkin setiap waktu nemenin Atreya. Paling enggak dia bisa membawa dirinya," ucap Iko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Audy sebagai ibu percaya putrinya berada di tangan yang tepat. Ia tak khawatir anaknya yang berumur empat tahun itu belajar bela diri sejak dini.

"Kalau saya mikir positifnya, daripada belajar dari televisi atau YouTube doang, jadi enggak ada yang ngajarin secara langsung, yang ngasih kalau bela diri bukan buat berantem loh," ucap Audy.

Baca juga: Audy Ungkap Perasaannya Sebelum Ditinggal Iko Uwais Selama 4 Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.