Salah Kaprah Selebritas Konsumsi Narkoba sebagai Penambah Stamina...

Kompas.com - 22/07/2019, 18:13 WIB
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayTersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Tri Retno Prayudati atau biasa dikenal dengan Nunung menambah daftar panjang artis yang tertangkap menggunakan narkoba.

Hasil pendalaman polisi, Nunung telah menggunakan obat terlarang tersebut selama 20 tahun.

Perempuan tersebut memanfaatkan narkoba sebagai penambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Tangis Pecah, Nunung Minta Maaf Sekaligus Ucapkan Terima Kasih

Alasan serupa juga terungkap dari pelawak Doyok yang pernah tertangkap tahun 2000 karena mengonsumsi sabu.

Saat itu, ia beralasan menggunakan zat adiktif tersebut untuk menjaga staminanya. Sebab, sebagai pelawak kerap dituntut untuk selalu bertenaga dan tak boleh terlihat lesu.

Presenter Reza Bukan yang juga pernah terjaring kasus narkoba tahun 2014 memiliki alasan serupa.

Baca juga: [VIDEO] Klarifikasi soal Nunung Sakau Setelah 3 Hari Diperiksa

Sebagai pekerja seni, ia membutuhkan sesuatu untuk melepas stress dan malah terjerumus ke jalan yang salah.

"Tak hanya selebritis, itu sudah sejak lama itu narkoba menjadi alasan menggunaan untuk produktivitas," ujar Sosiolog dari Universitas Gadjah Mada Derajad S Widhyharto kepada Kompas.com, Senin (22/7/2019).

Padahal, untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, yang dibutuhkan manusia adalah asupan gizi yang cukup dan multivitamin.

Baca juga: Diperiksa Tiga Hari, Nunung Sakau?

Artis komedi Reza Bukan saat perilisan perkara narkotika di Polres Metro Jakarta Barat, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (1/7/2018).KOMPAS.com/IRA GITA Artis komedi Reza Bukan saat perilisan perkara narkotika di Polres Metro Jakarta Barat, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (1/7/2018).
Derajad mengatakan, narkotika memang memiliki efek yang membuat jantung berdebar lebih kencang.

Namun, menjadikan narkoba sebagai alat untuk meningkatkan stamina dan kepercayaan diri merupakan salah kaprah.

Anggapan narkoba dapat meningkatkan produktivitas, kata dia, hanya iming-iming pengedar belaka agar dagangannya laku. Setelahnya, pengguna akan ketergantungan dan terus mencari barang haram tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X