Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Sutradara Bohemian Rhapsody Dihapus dari Nominasi BAFTA 2019

Kompas.com - 07/02/2019, 06:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

KOMPAS.com - British Academy Film Awards (BAFTA) mengkonfirmasi bahwa nominasi Outstanding British Film tidak lagi memasukkan nama sutradara pertama Bohemian Rhapsody, Bryan Singer.

Sebab, Singer tengah menghadapi tuduhan pelecehan seksual. Dalam sebuah paparan di The Atlantic, sutradara itu dituding berhubungan seks dengan beberapa lelaki di bawah umur.

"Mengingat dugaan yang sangat serius baru-baru ini, BAFTA telah memberi tahu Bryan Singer bahwa pencalonannya untuk Bohemian Rhapsody telah ditangguhkan," kata pihak BAFTA dalam sebuah pernyataan, baru-baru ini.

Baca juga: Bohemian Rhapsody Jadi Film Terbaik Golden Globe Awards 2019

Sementara nama produser Bohemian Rhapsody, Graham King, dan penulis naskahnya, Anthony McCarten, akan tetap ada.

"BAFTA menganggap dugaan perilaku itu tidak dapat diterima dan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada. Hal ini telah menyebabkan pencalonan Tuan Singer ditangguhkan. BAFTA mencatat bantahan Tuan Singer terhadap tuduhan itu. Penangguhan pencalonannya akan tetap berlaku sampai hasil dari (penyelidikan) terhadap dugaan tersebut terselesaikan," kata BAFTA.

Bryan Singer, sutradara pertama untuk film Bohemian Rhapsody.The Hollywood Reporter/Jason LaVeris/FilmMagic Bryan Singer, sutradara pertama untuk film Bohemian Rhapsody.
"Kami percaya setiap orang memiliki hak untuk berkarier di lingkungan kerja yang aman dan profesional dan akan terus berkolaborasi dengan industri film, game dan televisi untuk mencapai hal ini," tambah mereka.

Keputusan dari BAFTA muncul setelah GLAAD mengkonfirmasikan bahwa mereka telah menghapus film produksi 20th Century Fox itu dari nominasi untuk kategori film luar biasa.

Singer sebenarnya tidak mengarahkan seluruh produksi film Bohemian Rhapsody. Ia berhenti setelah dikabarkan berseteru dengan produser film tersebut. Namun, ada klaim yang menyebut bahwa ia meninggalkan tugasnya untuk merawat ibunya yang sakit.

Posisi Singer lalu digantikan oleh Dexter Fletcher tiga minggu waktu shooting yang tersisa.

Baca juga: Boy William Ajak Jokowi Nyanyikan Bohemian Rhapsody

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com