Tukul Arwana Luncurkan Buku Biografi di Usia 50

Kompas.com - 18/09/2013, 11:32 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- "Semua sudah ada garis tangannya. Perjalanan hidup saya ke kota besar Jakarta, pontang-panting, jatuh bangun, hanya bisa diambil positifnya dengan rasa syukur," kata pelawak yang kini pembawa acara Tukul Arwana (50), di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, sesaat sebelum menaiki pesawat menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

Bulan depan, tepatnya 16 Oktober 2013, lelaki kelahiran Perbalan, Purwosari, Semarang, Jawa Tengah, ini memasuki usia 50 tahun. Menurut rencana, pada hari ulang tahunnya, lelaki bernama asli Tukul Riyanto ini akan meluncurkan sebuah buku biografi dirinya yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia.

Tukul sekelumit mengisahkan fase perjalanan hidupnya, antara lain ketika menjadi sopir angkutan kota. Dari 11 penumpang yang naik angkutannya, ternyata 9 orang adalah tetangganya. "Semua minta gratisan. Lha, mesti gimana, Mas?" ujarnya.

Spontan kekocakannya pun muncul. "Boleh saja gratisan, tapi kamu turunnya lompat ya,” kata Tukul, sambil tertawa keras.

Menurut suami Susiana ini, tempaan perjalanan hidupnya kini membuatnya tidak lagi menjadi orang yang ragu-ragu. "Berkat komunikasi intensif dengan para ulama, saya kini memberanikan diri untuk selalu berani mengambil keputusan. Bagaimanapun, keputusan mengandung konsekuensi. Jalani saja," ujar Tukul, yang ditemani pelawak senior Tarzan. (OSA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.