Dian HP: Tak Sulit Membuat Lagu Anak, tetapi...

Kompas.com - 26/04/2017, 09:03 WIB
Dian HP diabadikan saat sedang memberikan Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017) Dian HP diabadikan saat sedang memberikan Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017)
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com – Komposer dan penata musik Dian HP berpendapat membuat lagu anak-anak sebenarnya tidak sulit.

"Sebenarnya kalau sulit enggaklah, ya. Sulit atau enggak sebenarnya tidak bisa dibedai. Cuma, lagu untuk anak itu menurut aku lebih rinci, lebih detail dibikin,” ujar Dian dalam Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka lomba paduan suara anak Dendang Kencana.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengingat anak punya keterbatasan dan sebaiknya lagu anak-anak itu dibuat untuk membantu mereka mempelajari sesuatu lewat lagu,” tambahnya.

[Baca juga: Hari Musik Nasional 2017, Iwan Fals Bicara Soal Lagu Anak]

Dian kembali berujar, lagu anak memang sebaiknya dibuat lebih menyenangkan. Apabila ditanya tingkat kesulitannya, kembali lagi kepada kepentingan pembuatan lagu tersebut.

“Jadi, sebetulnya sulit atau enggak, kita lihat kepentingannya aja. Tentu kita harus lebih teliti dalam membuat lagu untuk anak,” ujarnya.

Dalam acara ini, Dian memberikan pelatihan kepada sekitar 30 peserta yang berasal dari TK-SMA se- Jabodetabek. Bahkan, ada pula guru yang datang jauh-jauh dari Makassar.

[Baca juga: Lagu Anak Sedang dalam Kondisi Parah]

Ia mengaku senang dengan adanya pelatihan ini dan ia berharap nantinya akan ada semakin banyak pencipta lagu anak-anak di Indonesia.

"Kita tahu bahwa kemungkinan besar dari workshop ini kita akan dapetin pencipta lagu yang ada di sini," kata

"Oke, berarti ada 31 orang di sini. Ini masing-masing karang satu lagu, berarti ada 31 lagu anak baru di Indonesia. Kalau tiba-tiba mereka karang dua sampai tiga, ya kali tiga aja. Itu tuh senangnya di sini," tuturnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X