Ayu Laksmi Belajar Gestur dan Bahasa Jawa demi Bumi Manusia

Kompas.com - 06/08/2019, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis peran Ayu Laksmi ditantang untuk bisa berbahasa Jawa saat bermain dalam film Bumi Manusia. Ayu mengatakan, selama ini dia kerap mendapatkan peran sebagai orang Bali.

Hal itu dikatakan Ayu saat ditemui usai pembukaan pameran "Jejak Langkah Toer" di RBOJ Coffee, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

"Saya pakai bahasa Jawa, itu tantangan saya. Sejak dulu bermain film selalu lekat dengan karakter sebagai orang Bali dan berbahasa Bali," kata Ayu.

Baca juga: Mengenal Jejak Langkah Pramoedya Ananta Toer Selain Bumi Manusia

"Kecuali film yang sebelumnya banyak dibicarakan itu (Pengabdi Setan), saya malah enggak bicara sama sekali," sambungnya.

Bahkan, Ayu dilarang untuk menggunakan bahasa Bali di kehidupan kesehariannya demi mendalami perannya sebagai Ibu Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film itu.

"Menarik banget. Karena saya selama di rumah pake bahasa Bali selama persiapan berusaha untuk menghindari pergaulan memakai bahasa Bali," tutur Ayu.

"Jadi saya cukup lama berada di Jogja dan selama di Bali juga dilarang berbicara pake bahasa Jawa," tambahnya.

Baca juga: Takut Dipenjara, Iwan Fals Sembunyi-sembunyi Baca Novel Bumi Manusia

Tak hanya bahasa, pemeran Ibu dalam film Pengabdi Setan itu juga belajar memiliki gestur seorang perempuan Jawa.

"Tantangannya bahkan cara menatap, gestur semuanya kita belajar filosofi Jawa. Selama latihan kita menggunakan busana peran kita masing-masing," imbuh Ayu.

Film yang diadaptasi dari buku karya sastrawan legendaris Pramoedya Ananta Toer itu turut dimeriahkan oleh Mawar De Jongh, Sha Ine Febriyanti, Bryan Domani, Jerome Kurniawan, Giorgino Abraham, dan masih banyak lagi.

Bumi Manusia rencananya akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 15 Agustus mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.