Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pihak Tim Medis, 48 Penonton Pingsan dalam Konser NOAH di Ternate

Kompas.com - 21/12/2016, 11:52 WIB

TERNATE, KOMPAS.com -- Dikabarkan, sejumlah orang pingsan ketika menonton konser band NOAH di lapangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Bastiong, Ternate, Maluku Utara, dalam rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun ke-766 Ternate atau Hari Jadi Ternate (HJT) pada Selasa (20/12/2016) malam.

"Empat puluh delapan (48) penonton yang pingsan itu akibat kekurangan oksigen, sedangkan delapan lainnya harus mendapatkan penanganan medis di RSUD," kata Koordinator Tim Penanganan Medis, Wawan Kurniawan, di Ternate, Selasa malam.

Diterangkan oleh Wawan, konser tersebut ditonton oleh ribuan orang. Mereka yang pingsan itu adalah para penonton yang berdesak-desakan dan dalam kondisi tubuh lemah.

Diterangkan pula oleh Wawan, mereka yang pingsan tersebut langsung ditangani oleh tim medis baik dari PMI setempat maupun para petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Ternate yang telah menyiapkan ambulans di area konser itu.

Wawan juga mengatakan bahwa, dalam konser yang ditonton oleh Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, dan Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim, itu sedikitnya delapan anak sempat terpisah dari orangtua mereka.

"Tiga di antaranya bernama Dani, Vincent warga Mangga Dua, dan Iwan Kalumata, yang rata-rata merupakan siswa SD, masih menunggu orangtuanya," tuturnya.

Konser berpenonton ribuan orang dari berbagai daerah di Maluku Utara itu dijaga oleh 330 polisi dan anggota TNI bersama Satpol PP Kota Ternate.

Kabag Ops Polres Ternate, Kompol Ibnu Hajar, ketika dihubungi sebelum konser tersebut, mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan pengamanan konser itu dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak lain, terutama panitia penyelenggara konser tersebut.

Dalam konser itu, vokalis Ariel dan rekan-rekannya membawakan tak kurang dari 15 lagu.

Selain itu, mereka juga menyajikan "Andaikan Kau Datang", lagu yang dicipta oleh Tony Koeswoyo dan dibawakan kembali oleh NOAH dalam album Sings Legend (2016).

Lagu tersebut merupakan lagu favorit Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman. Ketika NOAH menyuguhkan lagu itu, Burhan dan istrinya, Nursiah, ikut tampil di depan ribuan penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com