Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencipta Tokoh Kartun Asterix Tuntut Anaknya Sendiri

Kompas.com - 04/12/2013, 13:51 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Pencipta tokoh kartun Asterix, Albert Uderzo, menuntut anak dan menantunya sendiri dengan tuduhan melakukan "kekerasan psikologis", kata pengacara Underzo. Keretakan hubungan antara Underzo dan putrinya, yang bernama Sylvie, terjadi sejak 2007 terkait persoalan hak waris Asterix.

Menurut Sylvie, keputusan Uderzo menjual 60 persen saham penerbitan Asterix kepada pihak lain pada 2008 telah mengingkari kesepakatan keluarga mereka. Sylvie kemudian mengajukan gugatan hukum dua tahun lalu dan mengatakan bahwa ayahnya telah diperas.

Dalam tuntutannya, Sylvie menyebut bahwa ayahnya diperas karena memiliki mental yang "rapuh". Sang putri menuduh "orang di sekeliling ayahnya" mengambil keuntungan kondisi fisik dan psikis ayahnya demi keuntungan ekonomi.

Kondisi sehat
Namun, merujuk ke majalah Le Point, hakim yang mengadili kasus ini menyatakan bahwa Uderzo dalam kondisi sehat.

Uderzo belakangan kembali menegaskan bahwa dirinya tidak dalam keadaan "rapuh" dan malah menganggap dirinya sebagai korban pelecehan oleh putrinya. Uderzo kemudian menuduh anaknya dan menantunya, Bernard Boyer de Choisy, berada di balik berbagai langkah hukum terhadap dirinya.

"Karenanya, kami memutuskan untuk menuntut Sylvie Uderzo dan suaminya," kata pengacara Uderzo, Pierre Cornut-Gentil, Senin (2/12/2013).

Bagaimanapun, kasus saling gugat antara Uderzo dengan anaknya ini mengingatkan kembali peristiwa pemecatan Sylvie dan suaminya dari posisi manajer oleh penerbit Asterix yang baru, pada 2007.

Seri komik Asterix, yang berjumlah 35 album, telah terjual lebih dari 352 juta kopi di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke lebih dari 100 bahasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com