Tio Pakusadewo Mengaku Pernah Beberapa Kali Ingin Mengakhiri Hidupnya

Kompas.com - 28/06/2018, 18:31 WIB
Tio Pakusadewo menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Tio Pakusadewo menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Tio Pakusadewo (54) mengaku pernah beberapa kali ingin mengakhiri hidupnya karena kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjeratnya.

Hal itu diungkapkan oleh Tio ketika menjalani sidang pledoi atau pembacaan nota pembelaan atas tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018).

"Beberapa kali saya berpikir untuk menyudahi hidup saya," ujar Tio kepada Ketua Majelis Hakim, Asiadi Sembiring.

Baca juga: Tio Pakusadewo Bersyukur Banyak Orang Beri Dukungan

Tio mengungkapkan bahwa pikiran tersebut muncul karena kondisi kesehatannya, yang tadinya sudah membaik di tempat rehabilitasi, menjadi buruk ketika ia dipindah ke rumah tahanan.

Ia dipindahkan ke rumah tahanan ketika berkas kasusnya sudah lengkap atau P21 dan ia akan disidangkan di pengadilan.

Baca juga: Tio Pakusadewo Kadang Gelisah dan Emosional di Penjara

Tio Pakusadewo mengaku bersalah dan menyesali perbuatan yang telah dilakukannya. Ia meminta kepada majelis hakim agar memberi hukuman rehabilitasi.

"Semoga majelis hakim memberikan kesempatan saya untuk direhabilitasi. Saya sebagai warga negara yang telah mengakui kesalahan, atas nama hukum dan keadilan, saya memohon untuk memberikan keadilan," ucapnya.

Baca juga: Tio Pakusadewo Tak Mau Bandingkan Kasusnya dengan Jennifer Dunn

Dalam sidang tuntutan, Tio Pakusadewo dituntut enam tahun penjara dengan dikurangi masa tahanan dan juga denda sedikitnya Rp 800 juta.

Ia dinilai terbukti melanggar Pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika (menyimpan, menguasai, dan memiliki)

Sementara itu, pihak Tio berkeberatan atas tuntutan JPU. Mereka mengajukan pledoi karena pasal yang tepat digunakan adalah Pasal 127 Ayat 1 huruf a Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (penyalahgunaan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.