Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shahnaz Haque Perlakukan Anak secara Dewasa

Kompas.com - 01/08/2013, 14:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi artis dan pembawa acara Shahnaz Haque (41), mendidik anak dengan cara yang otoriter tak akan efektif. Oleh karena itu, istri drumer Gilang Ramadhan ini memilih memperlakukan ketiga putrinya sebagai orang dewasa yang bisa diajak berdiskusi.

"Membesarkan anak dengan cara menakut-nakuti mereka sudah enggak zaman lagi. Anak-anak sekarang makin pintar karena ada internet," katanya di sela-sela peluncuran produk makanan anak-anak, beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Menurut dia, saat memberikan perintah atau larangan kepada anak-anaknya, dirinya selalu menjelaskan alasannya secara panjang lebar. Bahkan, Puteri Indonesia Favorit 1995 itu tak jarang mengajak anaknya untuk membuka internet bersama-sama saat menjelaskan sesuatu.

"Intinya, anak sekarang jangan dibohongi dan ditakut-takuti. Jelaskan saja semuanya dan ajak diskusi. Cara itu bisa diterapkan dalam berbagai soal, dari masalah makanan, game, seks, sampai pornografi," ujar perempuan yang bermain dalam film Jakarta Hati (2012) itu.

Cara semacam itu ditempuh Shahnaz agar ketiga putrinya, Pruistin Aisha (11), Charlotte Fatima (10), dan Mieke Namira (7), benar-benar memahami esensi aturan yang diterapkan di keluarga sehingga mereka mematuhi dengan kesadaran, bukan paksaan. "Kita, kan, enggak bisa mengawasi mereka 24 jam," katanya. (K02)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com