Ketika Dian Sastrowardoyo Tertular Emosi Christine Hakim

Kompas.com - 06/04/2017, 19:00 WIB
Dian Sastrowardoyo (kiri) dan Christine Hakim (kanan) diabadikan usai konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGDian Sastrowardoyo (kiri) dan Christine Hakim (kanan) diabadikan usai konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo mengaku tertular emosi aktris senior Christine Hakim saat beradu akting dalam film Kartini, arahan sutradara Hanung Bramantyo.

"Aku kalau ngeliat Ibu Christine pasti ketularan sedih. Paling enak pada saat seorang aktor bisa menularkan emosinya kepada aktor yang lain. Enggak semua aktor bisa menulari aku hehehe," ujar Dian dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

Menurut dia, emosi yang dibangun Christine sebagai Ngasirah, ibu kandung Kartini, begitu kuat. Sehingga ia ikut terhanyut dan lebih menghayati lagi karakter Kartini yang ia perankan.

[Baca juga: Film Kartini Ubah Pandangan Christine Hakim]

"Aku rasa aku enggak bakalan bisa penghayatannya sedalam ini sebagai Kartini kalau tidak ada ibu (Christine) di lokasi. Beliau selalu membantu dan selalu memberikan inspirasi ke kami yang muda-muda bahwa untuk mendalami peran segitu dalamnya," ujar Dian.

Bahkan, lanjutnya, Christine Hakim sudah betul-betul bisa masuk ke karakter Ngasirah sejak sebelum shooting atau saat masih latihan skenario (reading).

[Baca juga: Kesamaan Dian Sastro dan Kartini]

"Beliau sendiri di pojokan pas saya nengok udah tiba-tiba basah semua, udah banjir (nangis). Aku tanya Ibu kenapa," ujar Dian.

"Karena di situlah saya merasakan perasaan Ngasirah yang begitu berat pada saat dia tahu Kartini mau menikah," timpal Christine.

[Baca juga: Dian Sastro Panggil Kembali Kartini Lewat Musik]

"Kalau buat saya momen yang paling berat buat Ngasirah, puncaknya pada saat adegan pamitan. Karena betul-betul tangan saya tidak bisa turun. Bahkan dari mulai reading saya sudah nangis. Sampai semua bingung," tambah Christine.

Film Kartini yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan di bawah naungan Legacy Picture dan Screenplay Production ini mulai tayang di bioskop Tanah Air pada 19 April 2017 mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X