Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Kekuatan Para Tokoh Super di "Avengers: Endgame"

Kompas.com - 24/04/2019, 20:20 WIB
Amir Sodikin

Editor

Oleh: Adi Wibowo Octavianto, Albertus Prestianta, FX Lilik Dwi Mardjianto *)

FILM Avengers: Endgame menjadi salah satu film layar lebar yang banyak dinanti publik seantero dunia.

Kisah dalam film ini merupakan kelanjutan dari Avengers: Infinity War yang ditutup dengan keberhasilan Thanos melenyapkan separuh makhluk hidup di alam semesta hanya dengan jentikan jari.

Tindakan Thanos tersebut memusnahkan pula sejumlah karakter superhero favorit di jagat sinema Marvel (Marvel Cinematic Universe), seperti Spiderman, Black Panther, Doctor Strange, Winter Soldier (Bucky), Scarlet Witch, dan hampir seluruh tokoh dalam The Guardian of the Galaxy.

Selain para superhero tersebut, dua tokoh SHIELD, Nick Fury dan Maria Hill, juga lenyap menjadi debu.

Baca juga: Siapa yang Menang bila Thanos dan Captain Marvel Adu Jotos?

Cuplikan film Avengers: Endgame memperlihatkan sejumlah tokoh yang selamat dari Infinity War berkumpul untuk memulihkan keadaan. Captain America, Iron Man, Black Widow, Hulk, Thor, War Machine, Rocket, serta Nebula dipertemukan dengan Captain Marvel, Hawkeye, dan Ant-Man.

Mereka mencoba untuk berhadapan dengan Thanos sekali lagi. Okoye, salah satu prajurit kepercayaan Black Panther, juga diperkirakan bakal berperan serta dalam pertarungan tersebut.

Kira-kira, seberapa besar peluang tim Avengers yang tersisa ini untuk memenangkan pertarungan ulang melawan Thanos? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita telaah peta kekuatan di antara mereka.

Baru-baru ini, Kaggle, sebuah pusat dataset global, merilis tumpukan data dari setidaknya 700 karakter karakter komik. Karakter-karakter terbitan Marvel ada di dalamnya.

Berbekal analisis sederhana, kita bisa melihat tipe-tipe kemampuan super yang dimiliki para karakter tersebut.

Baca juga: Ini 3 Hal Menarik Terkait Pemutaran Avengers: Endgame

Setidaknya ada enam aspek kemampuan yang digunakan sebagai tolok ukur kekuatan masing-masing superhero, yakni intelligence, strength, speed, durability, power, dan combat. Setiap aspek kemampuan memiliki rentang skor 0-100.

Fandom, sebuah situs berkumpulnya penggemar karakter Marvel memberikan penjelasan dari setiap kemampuan super tersebut. Intelligence berhubungan dengan kemampuan untuk berpikir dan memproses informasi. Strength adalah kemampuan untuk mengangkat benda berat.

Sementara speed berkaitan dengan kemampuan bergerak di atas tanah dengan berlari atau terbang. Durability adalah daya tahan dan kemampuan untuk sembuh setelah mengalami luka.

Sedangkan power berhubungan dengan seberapa besar kekuatan super yang bisa dikeluarkan dalam satu kesempatan. Terakhir, combat adalah kemampuan bertarung jarak dekat atau hand-to-hand.

Berdasarkan tabel matriks kekuatan super di atas, Thor ternyata merupakan superhero terkuat dengan skor total 570. Sang Dewa Asgard ini memiliki skor maksimum pada tiga aspek, yaitu kemampuan tempur (combat), ketahanan bertarung (durability), serta kemampuan mengeluarkan kekuatan super (power).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com